Bitcoin memperpanjang kerugian untuk mencapai level yang terakhir terlihat pada Januari 2021 pada hari Rabu di tengah aksi jual pasar yang lebih luas.

Mata uang digital peer-to-peer berjuang untuk mempertahankan level $30.000 sepanjang hari ketika tingkat inflasi AS dilaporkan di atas ekspektasi pasar dan gerakan risk-off makroekonomi terus mendapatkan daya tarik secara global.

Bitcoin drops to lowest level since January 2021Bitcoin drops to lowest level since January 2021

Bitcoin turun ke level yang terakhir terlihat pada Januari 2021. Sumber gambar: TradingView

Inflasi AS

mencapai 8,3% dalam 12 bulan berakhir pada April 2022, Departemen Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan Rabu pagi.

Pasar telah menyematkan ekspektasi indeks harga konsumen (CPI) di 8,1% dan hasil yang lebih buruk dari perkiraan menyebabkan hari yang sangat merah untuk pasar ekuitas di negara tersebut.

Nasdaq turun lebih dari 3% pada hari Rabu ke level yang tidak terlihat sejak November 2020. Dow Jones dan S&P 500 juga tidak lolos dari Pembantaian. Kedua indeks tersebut jatuh ke level yang belum pernah ditinjau kembali sejak Maret 2021. Dow turun 1% sementara S&P 500 turun 1,65% hari ini.

Bitcoin drops to lowest level since January 2021

Ekuitas telah berubah ke selatan sejak The Fed berubah menjadi hawkish. Sumber gambar: TradingView

Pasar sebagian besar telah berubah selatan sejak Dewan Federal Reserve AS meninggalkan kebijakannya yang terlalu akomodatif yang dimulai pada awal Pandemi COVID-19.

Dengan nada yang lebih hawkish, The Fed mulai mengurangi pembelian asetnya beberapa bulan yang lalu, tetapi baru pada bulan Maret Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) bank sentral menaikkan tarif untuk pertama kalinya dalam tiga tahun . Kenaikan konservatif 0,25% akan menjadi preseden untuk kenaikan yang lebih tinggi untuk diikuti.

Awal bulan ini, FOMC mengumumkan bahwa suku bunga acuan Fed akan naik 0,5% – dua kali lipat kenaikan dari pertemuan sebelumnya . Kenaikan komite pada bulan Mei menunjukkan kenaikan suku bunga terbesar dalam lebih dari dua dekade .

Selain itu, FOMC mengumumkan akan mulai menyusutkan neraca, yang berarti tidak akan lagi menjadi pemegang aset seperti obligasi dan hipotek, mendorong imbal hasil obligasi dan suku bunga hipotek naik dan memberikan tekanan ekstra pada Ekuitas

Korelasi Bitcoin dengan pasar ekuitas sebagian dapat dijelaskan oleh keterlibatan yang lebih besar dari investor dan institusi profesional, yang sensitif terhadap ketersediaan modal dan oleh karena itu suku bunga, Morgan Stanley dilaporkan berkata .

Selain bank sentral AS yang hawkish, masalah global seperti perang Rusia di Ukraina dan China sedang berlangsung penguncian memiliki Menekankan rantai pasokan di seluruh dunia, semakin menekan pasar untuk menghapus sebagian dari keuntungan yang diperoleh sejak akhir 2020 – termasuk Bitcoin.

Tagged in:

,